Tuesday, October 28, 2008

TEKNOLOGI PENGERAS SUARA DAN HOME THEATRE

HENRY KLOSS : Penemu Teknologi Pengeras Suara dan Home Theatre
Jakarta-RRI-Online,

Dalam industri elektronika, nama Henry Kloss merupakan seorang legendaris. Pada tahun 1952 dia membuat penelitian tentang akustik. Dibantu dengan seorang teman, Insinyur Edgar Villchur menciptakan pengeras suara akustik, yang diberi nama AR-1. Pengeras suara seukuran rak buku tersebut dapat mengeluarkan suara bass dengan baik. Penggeras suara ini merupakan jenis pertama, banyak orang berpendapat bahwa ciptaannya inilah yang merubah dunia industri selamanya.

Di awal tahun 60-an, Kloss bekerja di perusahaan KLH, saat itu dia membuat radio FM pertama yang dapat dipilih-pilih, bernama Model 8. Produk tersebut merupakan produk yang sukses dipasaran dengan menggunakan transistor. Kemudian dibuat lagi Model 11 yang bentuknya berupa gramopon yang dapat dibawa-bawa (portebel).

Di tahun 1967, Kloss mendirikan perusahaan sendiri bernama Advent. Kloss mulai bekerja dengan pendekatan modern dalam mendesain pengeras suara. Dia yakin dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi serta desain yang inovatif akan menghasilkan sebuah produk pengeras suara yang bagus. Ini merupakan falsafah kerja sederhana, membuat pengeras suara Advent menjadi acuan standar saat itu.

Kloss menjadi seorang perintis pembuatan home theater melalui produk yang sukses dipasaran menggunakan sistem proyeksi dua belah suara. Dia memperkenalkan produk tersebut bernama Model 200, tipkaset pertama yang menggunakan teknologi Dolby B pengurang noise. Teknologi tersebut dapat membantu audio kaset dari sekedar suara menjadi media musik.

Menurut Kloss sekarang kualitas radio banyak yang menurun karena orang tidak ambil pusing apakah barang tersebut tahan lama atau tidak.

“Sekarang jamannya, barang yang paling murahlah yang akan saya beli, jika saya suka ya saya beli. Jika saya tidak suka saya cari yang lain. Barang yang tahan lama tidak menjadi pertimbangan. Orang-orang tidak bertanya mana radio yang bagus. Tidak ada hasrat untuk membeli radio yang bagus padahal anda memiliki produk yang bagus.” Katanya.

Kloss punya banyak ide untuk membuat produk radio dan sound sistem baru. Di usia 73 tahun, Kloss masih membantu membenahi teknologi home teater di bengkel Cambridge di Newton, Massachusetts. Dia menciptakan produk pengeras suara yang didukung subwoofer dan subcompact dengan 3 saluran tata suara multimedia yang diperuntukan bagi perusahaan, teknologi tersebut juga dimasukan ke dalam produk radio yang bernama Model 88 yang menggabungkan gelombang AM/FM, desain elektronik mutakhir, komponen amplifier berkualitas tinggi didukung subwoofer.

Untuk kerjanya itulah Kloss termasuk ke dalam orang yang berjasa dalam bidang audio selain itu ia juga mendapat penghargaan Emmy Award.