Tuesday, October 28, 2008

PENYEMPURNA MESIN UAP

James Watt : Bukan Penemu tapi Penyempurna Mesin Uap
Bekasi-RRI-Online,

James Watt dilahirkan tanggal 19 Januari 1736, di Greenock, Skotlandia. Dia seorang penemu dan insinyur mesin kelahiran Skotlandia. James Watt menjadi terkenal karena berhasil menyempurnakan mesin uap.

Sebelumnya James Watt bekerja sebagai pembuat peralatan matematika. Namun kemudian beralih minat untuk menyempurnakan kerja mesin uap yang pada saat itu telah ditemukan oleh para insinyur berkebangsaan Inggris, Thomas Savery dan Thomas Newcomen. Mesin uap sebelumnya bekerja dengan pompa air yang didapat dari pertambangan.

James Watt secara tekun mempelajari sifat-sifat dari uap, terutama yang berhubungan dengan kepadatan,suhu hingga tekanannya. Dia merancang tempat terpisah pemadat uap dalam mesin, gunanya mencegah kehilangan uap yang besar dalam mesin silinder serta menaikan kondisi tabung.

Mesinnya ini dipatenkan pertama kali oleh James Watt tahun 1769. Dia membungkus peralatan ini dan melakukan penyempurnaan lainnya pada mesin buatan Newcomen. Diantaranya selubung uap, minyak pelumas, dan penyekat mesin silinder yang gunanya menjaga agar temperatur tinggi tetap terjaga serta mendapatkan efisiensi maksimal mesin.

Saat membuat mesin uap tersebut, Watt bermitra kerja dengan Penemu berkebangsaan Inggris, John Roebuck sebagai penyandang dana penelitiannya. Namun, di tahun 1775 peran Roebuck diambil alih oleh pengusaha Matthew Boulton, pemilik dari Soho Engineering Works di Birmingham. Dia dan James Watt mulai memproduksi mesin uap.

James Watt melanjutkan penelitiannya dan mematenkan beberapa penemuan penting, termasuk Mesin putar untuk mengendalikan berbagai macam jenis mesin, Mesin aksi ganda, yang digunakan sebagai alternatif bagi mesin silinder dan indikator uap yang mencatat tekanan uap dalam mesin.

James Watt pensiun dari perusahaan tahun 1800 dan setelah itu terjun kembali dalam dunia penelitian.

Gaya sentrifugal atau alat pengatur bola terbang yang ditemukannya tahun 1788, yang secara otomatis mengatur kecepatan mesin masih digunakan sekarang.

Alat tersebut menciptakan prinsip umpan balik dari mekanisme servo, yaitu hubungan antara output dan input, yang menjadi konsep dasar dari otomatisasi.

Satuan listrik –watt- diabadikan dari namanya sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Selain itu, James Watt dikenal dalam lingkungan insinyur teknik sipil yang membuat survei tentang rute kanal. Lewat temuannya di tahun 1767 berupa teleskop yang diadaptasi untuk mengukur jauh. James Watt juga memperkenalkan istilah satuan tenaga kuda.

James Watt meninggal di Heathfield, Inggris 19 Agustus 1819.

No comments: