Monday, October 27, 2008

MESIN DIESEL

Rudolf Diesel : Penemu Mesin Diesel

Teman-teman pernah mendengar mesin diesel bukan ? Nah, nama 'diesel' tersebut ternyata berasal dari nama penemunya. Mau tahu biografi singkatnya ? Rudolf Diesel lahir di Paris Perancis tanggal 18 Maret 1858. Rudolf merupakan pencipta mesin bertekanan panas yang dikenal dengan mesin diesel. Setelah lulus dari Politeknik Munich, Rudolf bekerja sebagai teknisi mesin pendingin pada Perusahaan mesin pembuat es Linde di Paris. Tahun 1890 dia pindah ke Berlin untuk mengelola perusahaan yang bergerak dalam bidang teknik perkantoran. Meskipun telah bekerja di kantoran, minatnya pada rancangan mesin tak pernah hilang dari ingatannya. Diesel mengerjakan sebuah gagasannya untuk membuat mesin panas yang efisien saat luang. Rancangan itu baru terwujud di tahun 1892 dan hak patennya keluar setahun kemudian.

Rancangan Diesel sangat efisiensi dibandingkan mesin yang ada pada saat itu. Mesin diesel tidak memerlukan pembakaran luar dengan mencampur udara dan bahan bakar yang ada di dalam mesin. Lebih dari itu, mesin ini dilengkapi dengan penekan udara dalam mesin silinder dan memanaskannya hingga ke mesin, tekanan udara tersebut akan berhubungan dengan udara yang ada sebelumnya diakhir tempo tekanan, tekanan inilah yang memanaskan mesin.

Hasilnya mesin diesel lebih kecil dan lebih ringan daripada mesin sebelumnya yang biasa digunakan pada kendaraan serta tidak menggunakan bahan bakar sebagai sumber pembakaran. Diesel ingin melihat rancangannya menjadi nyata, sebuah mesin yang handal. Untuk menyempurnakannya dia membutuhkan perusahaan besar untuk bekerjasama sebagai penyandang dana dalam pembuat mesin tersebut.

Setelah memperoleh rekan bisnisnya, dia langsung memproduksi sebuah mesin ujicoba dan prototipenya berhasil dibuat tahun 1893. Pada tes awal, hasilnya membahayakan, Diesel hampir tewas ketika salah satu mesinnya meledak. Namun hasil tes tersebut membuktikan bahwa bahan bakar dapat terbakar tanpa percikan bunga api. Dia bekerja dengan cekatan untuk memperbaiki model mesinnya dan berhasil melakukan ujicoba di tahun 1897.

Setahun kemudian, Diesel menjadi orang kaya raya. Mesin ciptaannya secara teoritis 75 persen lebih efisien sementara mesin lama memiliki tingkat efisien 10 persen dibandingkan mesin uap. Mesin diesel langsung digunakan sebagai tenaga untuk mobil, truk, dan kapal laut. Selain itu juga digunakan sebagai sumber tenaga listrik, jalur-jalur pipa, penyiram tumbuhan, pertambangan, pabrik-pabrik dan ladang minyak. Bahkan sampai saat ini mesin diesel masih dipakai dan menjadi konsep dasar bagi penemu-penemu lainnya.

Mesin diesel memiliki pengaruh besar dalam era revolusi industri, menyediakan tenaga yang lebih efisien dan lebih murah bagi beraneka ragam industri di seluruh dunia. Karena mesinnya tidak memerlukan pembakaran batu bara, sehingga perusahaan alat transportasi kereta dan kapal laut dapat menghemat banyak uang. tentu saja hal tersebut tidak menguntungkan bagi industri pertambangan batu bara dan peranannya pun mulai berkurang.

Pada 29 September 1913, Diesel menghilang dari kapal laut yang ditumpanginya menuju London. Mayatnya baru ditemukan dipantai beberapa hari kemudian. Misteri di balik kematiannya masih misterius sampai sekarang. Sebagian percaya mungkin dia bunuh diri, sementara lainnya berspekulasi bahwa dia dibunuh oleh pengusaha batu bara.

Sumber : Jakarta-RRI-Online

No comments: